Blog

Meremehkan Dehidrasi? Waspada dengan Bahaya yang Mengintai!

Admin | 23 Dec 2020 - 16:35

Smart people, jangan pernah sekali-kali meremehkan dehidrasi!

Dehidrasi merupakan kondisi dimana cairan tubuh yang hilang jauh lebih banyak daripada cairan yang masuk. Gejala umum dari dehidrasi adalah merasa sangat haus dan tubuh terasa lemas. Jangan sepelekan smart people karena dehidrasi berat dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatanmu.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sebagian besar tubuh kita adalah cairan. Cairan dalam tubuh ini memiliki peranan yang penting seperti memperlancar pencernaa, membuang zat sisa dan racun, menjaga kelembaban kulit, dan lain-lain. Tak heran jika organ tubuh menjadi tidak berfungsi dengan baik apabila seseorang mengalami dehidrasi berat.

Pada dasarnya dehidrasi berat dapat terjadi karena seseorang kurang minum. Namun tak hanya itu, terdapat beberapa faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya dehidrasi berat yaitu diare, diabetes, demam, minum minuman beralkohol berlebihan, olahraga, cuaca panas, dan lain-lain.

Gejala Dehidrasi Berat

Gejala umum yang ditunjukkan biasanya adalah merasa sangat haus. Tetapi hal ini tidak bisa dijadikan patokan pasti. Ternyata orang-orang yang telah lanjut usia biasanya mereka tidak merasa kehausan meskipun tubuh mereka mengalami dehidrasi.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk kita mempelajari gejala dehidrasi lain seperti :
1. Pening dan linglung;
2. Tubuh terasa lemas dan lunglai;
3. Jarang buang air kecil dan urin akan berwarna gelap;
4. Kulit menjadi kering.

Bahaya yang Mengintai Akibat Dehidrasi Berat

Jika tubuh hanya mengalami dehidrasi ringan, mengonsumsi air putih sudahlah cukup untuk mengembalikan cairan tubuh. Jika sudah sampai di tahap dehidrasi berat, segeralah periksakan diri kamu ke dokter untuk mendapatkan tindakan.

Karena apabila dehidrasi berat tetap dibiarkan, maka akan muncul permasalahan-permasalahan serius seperti :

1. Gangguan ginjal
Cairan tubuh memiliki peran penting dalam membantu membuang zat sisa dan racun. Apabila dehidrasi berat ini tetap dibiarkan atau kerap kali terjadi berulang kali, efeknya akan buruk bagi ginjalmu, karena dapat menyebabkan batu ginjal, infeksi saluran kemih, hingga yang paling parah adalah gagal ginjal.

2. Kejang
Ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh dapat menimbulkan kontraksi pada otot dan tubuh dapat mengalami kejang-kejang. Bahkan hal ini pun dapat memungkinkan penderitanya menjadi tak sadarkan diri.

Smart people, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan baik. Ruti mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Perhatikan juga aktivitas yang akan atau sedang kamu lakukan. Minumlah sebelum dan/atau saat sedang melakukan aktivitas tersebut agar terhindar dari dehidrasi.

 

 

Whatsapp Qweena Official