Blog

Vaksin Covid-19 : Gratis atau Berbayar kah?

Admin | 17 Dec 2020 - 14:45

Smart people, seperti yang telah kita ketahui bahwa dunia sedang dihadapi dengan pandemi Covid-19. Setelah sekian lama, akhirnya dunia pun mendapatkan kabar bahagia bahwa vaksin Covid-19 telah tersedia.

Info mengenai keberadaan vaksin ini pun telah terdengar oleh masyarakat luas salah satunya Indonesia. Bahkan telah beredar pula di media sosial mengenai siapa saja yang akan mendapatkan vaksin dan berapa tarif yang akan dikenakan, akankah berbayar atau gratis.

Sebelum itu mari simak terlebih dahulu apa sih vaksin itu.

Menguntip dari Alodokter, vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Formulasi vaksin terdiri dari banyak jenis dan kandungan yang mana masing-masing vaksin tersebut dapat memberikan perlindungan bagi anda terhadap berbagai penyakit yang berbahaya.

Kandungan dalam vaksin adalah bakteri, racun, atau virus suatu penyakit yang telah dilemahkan terlebih dahulu atau sudah dimatikan. Saat vaksin tersebut dimasukan ke dalam tubuh seseorang, vaksin tersebut akan merasang sistem kekebalan tubuh agar menghasilkan antibody. Proses pembentukan antibody inilah yang biasa kita dengar dengan istilah imunisasi.

Siapa saja yang menjadi prioritas penerima vaksin Covid-19?

Berdasarkan informasi yang di-pubish oleh indonesiabaik.id, terdapat 6 (enam) kelompok prioritas masyarakat penerima vaksin Covid-19, antara lain :

  1. Dokter, perawat, dan petugas medis lainnya – 1,31 juta orang;
  2. Kontak erat dengan pasien Covid-19 – 500 ribu orang;
  3. Petugas pelayanan publik – 715.766 orang;
  4. Masyarakat umum – 92,28 juta orang
  5. Tenaga pendidik – 4,36 juta orang;
  6. Aparatur negara, pemerintah, dan anggota legislatif – 3,72 juta orang.

Pemberian vaksin akan dibagi menjadi 5 (lima) tahap dalam kurun waktu 1 (satu) tahun dimulai per Januari 2021. Setiap orang akan menjalani vaksinasi sebanyak 2 (dua) kali dengan diberikan jeda waktu selama 14 (empat belas) hari.

Apakah vaksin Covid-19 ini akan berbayar?

Masyarakat sempat dihebohkan dengan informasi yang satu ini. Mereka yang selain prioritas akan dikenakan beban biaya. Masyarakat yang nantinya akan dikenakan beban biaya merasa ini tidak adil ditambah lagi turunnya kepercayaan publik akibat adanya tindak pidana korupsi yang telah dilakukan oleh Menteri Sosial Juliari Batubara terkait dengan bansos untuk masyarakat selama pandemi.

Namun tenang smart people, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa vaksin akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Informasi ini disampaikan oleh Presiden melalui akun YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Dalam video tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa ia telah melakukan perhitungan ulang terkait dengan keuangan negara dan memastikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah tidak dikenakan biaya alias gratis.

 

 

Picture/Photo:
© freepik.com

Whatsapp Qweena Official